lrwgnii6r7s8wGIFe6MB0HPLN1kZii4QIDFsYUJT
Bookmark

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Menit

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google Dalam Hitungan Menit Default style of image with caption on Blogger editor

Bagi para blogger dan pemilik website, tentu saja yang diinginkan adalah agar artikel yang mereka tulis bisa segera terindex di Google dan mendapatkan peringkat yang baik. Namun, proses ini tidak selalu mudah dan bahkan bisa menjadi waktu yang lama untuk menunggu artikel tersebut terindex. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara yang dapat dilakukan agar artikel bisa terindex cepat di Google.

Alasan Artikel Tidak di Index Oleh Google

Ada beberapa alasan mengapa suatu artikel tidak terindex oleh Google, di antaranya:

Konten Berkualitas Rendah

Google sangat memperhatikan kualitas konten yang disajikan. Baik dari sudut pandang kata kunci, rasio teks dan gambar, keaslian konten, hingga nilai tambah yang diberikan. Jika artikel yang dihasilkan terlihat buruk dan tidak menarik, Google tidak akan mau menampilkan di halaman pencarian.

Keyword Yang Kurang Relevan

Pemilihan kata kunci yang tepat merupakan faktor penting untuk mengoptimalkan artikel. Jika kata kunci yang digunakan tidak relevan dengan topik yang dituliskan, Google akan kesulitan untuk memahami topik tersebut dan akibatnya artikel akan sulit muncul di hasil pencarian.

Masalah Teknis

Beberapa masalah teknis pada situs web seperti loading time yang lambat, broken link, duplicate content, dan sebagainya, dapat menyebabkan suatu halaman tidak terindex oleh Google.

Keterbatasan Aksesibilitas

Jika halaman web yang diinginkan tidak dapat diakses oleh robot Google, karena terkunci secara privasi atau memerlukan login, Google tidak akan bisa mengindeks halaman tersebut.

Duplicate Content

Artikel yang duplikat atau sangat mirip dengan artikel yang sudah ada di situs web lain dapat membuat Google tidak ingin menampilkannya di halaman pencarian. Hal ini karena, Google ingin memastikan pengguna tidak menemukan halaman yang sama dengan konten yang sama di berbagai situs web berbeda.

Artikel baru atau tidak memiliki backlink

Artikel baru biasanya membutuhkan waktu untuk terindeks oleh Google. Jika artikel Anda tidak memiliki backlink, maka Google dapat kesulitan menemukannya. Pastikan untuk mempromosikan artikel Anda melalui media sosial atau backlink dari sumber lain.

Website baru

Website yang baru dibuat mungkin perlu beberapa waktu untuk diakui oleh Google dan dimasukkan ke dalam indeks mereka.

Pengaturan robot.txt dan meta tags

Jika robot.txt atau meta tag diatur dengan cara yang salah atau salah diatur, Google mungkin menganggap situs web atau artikel tidak patut digunakan dan tidak mengindeksnya.

Konten melanggar aturan Google

Jika artikel Anda melanggar aturan Google seperti spam atau plagiarisme, maka Google akan memblokir artikel Anda dan tidak akan mengindeksnya.

Saran terbaik untuk mengoptimalkan artikel agar terindeks oleh Google adalah dengan memastikan konten yang dibuat berkualitas tinggi, pemilihan kata kunci yang relevan, memperbaiki masalah teknis pada situs web, memberikan aksesibilitas yang cukup, dan meniadakan konten yang duplikat.

Tips Agar Artikel Cepet Di Index Oleh Google

Gunakan platform blogging yang SEO-friendly

Platform blogging yang ramah SEO atau SEO-friendly memiliki struktur dan elemen yang dirancang untuk membantu artikel Anda terindex lebih cepat di mesin pencari. Beberapa contoh platform ini adalah WordPress, Blogger, dan Wix. Memilih platform yang tepat sangat penting dalam mempercepat proses terindex artikel.

Pilih kata kunci yang tepat

Kata kunci atau keyword sangat penting dalam menentukan posisi artikel di hasil mesin pencari. Pilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan artikel yang Anda tulis. Lakukan riset beberapa kata kunci yang berkaitan dengan topik artikel Anda dan pastikan untuk memasukkan kata kunci tersebut dalam artikel dengan tepat dan tidak berlebihan.

Memasang Robots.txt

Perlu di ketahui, robot.txt itu sangatlah penting yang berfungsi memberi sinyal kepada google agar situs anda segera di rayapi. Berikut adalah salah satu contoh Robot.txt

User-agent: *
Allow: /
Disallow:

Sitemap: https://www.yourURL.me/sitemap.xml

Konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca menyebabkan artikel Anda lebih cepat terindex di mesin pencari. Pastikan bahwa artikel yang Anda tulis berisi informasi yang akurat, relevan, dan berkualitas. Buatlah artikel yang unik dan menarik untuk menarik minat pembaca dan meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda.

Gunakan meta deskripsi yang menarik

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang artikel Anda yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Pastikan untuk menulis meta deskripsi yang menarik dan informatif tentang artikel Anda agar lebih banyak orang yang tertarik untuk mengklik artikel Anda.

Ping blog Anda

Ping blog dapat membantu mempercepat proses terindex artikel. Ping blog merupakan proses mengirimkan notifikasi ke mesin pencari bahwa ada artikel baru di website Anda. Anda dapat menggunakan layanan ping blog seperti Pingomatic atau ping dengan Google dari Google Search Console.

Gunakan tautan internal

Tautan internal adalah tautan yang menghubungkan artikel Anda dengan artikel lain di website Anda. Tautan internal membantu mesin pencari memahami struktur website Anda dan mempermudah proses terindex artikel. Pastikan untuk menautkan artikel baru ke artikel yang relevan di website Anda.

Berbagi artikel di media sosial

Berbagi artikel di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn membantu mempercepat proses terindex artikel. Ini akan meningkatkan jumlah backlink ke artikel Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Proses terindex artikel bisa memakan waktu untuk beberapa mesin pencari. Namun, dengan mengikuti tips di atas, artikel Anda bisa terindex lebih cepat dan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Pastikan untuk terus konsisten dalam membuat konten yang berkualitas dan relevan dengan audiens Anda.